Recent Posts

Recent Comments

FAJRI 99.3 FM


Tinggal Click

Jualan Buku Tanpa Modal

Sudah Gratis, Tok Cer lagi

smadav antivirus indonesia

Beberapa hari yang lalu saya mendapat email. Ternyata dari abang saya... Dikirain mau bilangin, "Adik ku yang malang, tuh AA dah transfer uang buat kamu..." Ternyata cuma mau nanya soal gimana cara menghubungkan 2 komputer... Yah... masa soal kayak gitu aja nanya ke saya sih... saya bukannya memudahkan persoalan itu, karena saya sebenarnya gak tahu waktu itu jawabannya. Tapi maksud saya, kenapa soal seperti itu ga tanya langsung aja sama mbah google... tinggal masukin kata kuncinya... beres deh (ga semua permasalahan sih memang, mungkin sekitar 90% lah mbah google bisa menjawab setiap permasalahan kita)... Pada akhirnya, dengan kesadaran bahwa saya harus memaklumi keadaan abang saya yang belum banyak berkecimpung dalam dunia internet, akhirnya saya langsung tanya ke mbah google. Tapi memang segala sesuatunya harus disyukuri, karena pada akhirnya saya bisa menemukan jawabannya dan sekaligus ilmu saya bertambah... Pada akhirnya pula, setelah saya memahami dan menemukan jawaban dari beberapa situs atas permasalahan yang dialami abang saya itu, maka saya berkeinginan meringkas serta menampilkannya di blog ini... Oke, tanpa berlama-lama saya persilahkan untuk teman-teman yang penasaran tentang bagaimana menghubungkan 2 komputer untuk mencicipi ringkasannya :
1. Siapkan kabel LAN dan 2 buah RJ 45 (untuk masing-masing ujung kabel lan)
2. Pasang RJ di masing-masing ujung LAN menggunakan tang crimping, dan jangan asal pasang warna kabelnya (sekalipun sebenarnya bisa saja), tetapi untuk menghubungkan 2 komputer saja, ini diperlukan susunan kabel cross-over namanya, jadi, pasang RJ masing-masing di ujung LAN sehingga membentuk susunan kabel cross-over. Bagaimana? Pasang seperti ini:

Ujung I :
P/O – O – P/H – B – P/B – H – P/C – C.

Ujung II :
P/H – H – P/O – B – P/B – O – P/C – C.


Keterangan: P/O = Putih Orange. O = Orange. P/H = Putih Hijau. B = Biru. P/B = Putih Biru. H = Hijau. P/C = Putih Coklat. C = Coklat.

3. Kalo ga mau ribut menggunakan cara 2, maka, minta tolong aja ke tukang komputer, sambil sekalian beli kabel lan, terus bilang deh, "Mas disusun jadi cross-over ya..." Berer seh...

4. Setting Alamat IP (IP Address)

Buka menu Control Panel Windows anda (Start > Control Panel). Lalu pilih icon Network Connections. Setelah itu pilih Local Area Connection (klik-kanan > Properties). Lalu pilih Internet Protocol (TCP/IP), dan tekan tombol Properties.

Di bagian IP Address, masukkan: 192.168.1.1. Lalu tekan TAB, otomatis Subnet Mask akan berisi 255.255.255.0. Sedangkan untuk komputer pasangannya, berikan IP Address 192.168.1.2. IP Address yang berada dalam range 192.168.0.0 – 192.168.255.255 umum digunakan dalam private network atau Local Area Network (LAN).


5. Pastikan ke 4 tahap di atas berhasil, jika sudah dirasa benar, tetapi belum bisa juga, maka bisa ada beberapa kemungkinan:

a. Firewall memblok. Solusi: Matikan firewall

b. LAN card belum diinstall. Solusi: Ya isntall lah

c. LAN card mati. Solusi: Beli lan card yang baru

d. Kabel belum cross-over / belum menyatu dengan benar. Solusi: BIkin yang baru atau komplain kepada penjualnya, trus bilang, "Yang bener dong kalo bikin kabel cross-over, masa ga konek sih..."

e. Kabel rusak. Solusi: Beli yang baru dong


0 komentar

Post a Comment

Yuk.Ngeblog.web.id

Pengikut Seiman

Pesan Tulisan


ShoutMix chat widget